Unesa.ac.id. SURABAYA—Lima guru dari Sekolah Indonesia Riyadh (SIR) berhasil mencapai tonggak akademik penting dalam program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) S2 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Para mahasiswa, yaitu Rahmi Rahim, Rina Ariyani, Nur Afiah, Suryanto, dan Hijrah Baihaqie, menunjukkan komitmen luar biasa dalam menyelesaikan studi mereka, membuktikan bahwa keseimbangan antara tanggung jawab mengajar dan pengembangan akademik dapat tercapai dengan dedikasi dan tekad yang kuat.
Momen istimewa ini semakin bermakna dengan kehadiran Badrus Sholeh, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Riyadh periode 2021 s.d. 2024. Dalam kesempatan ini, ia memberikan apresiasi terhadap usaha para guru dalam meningkatkan kompetensi mereka, yang tidak hanya berdampak pada peningkatan profesionalisme, tetapi juga memberikan kontribusi bagi kualitas pendidikan di lingkungan Sekolah Indonesia di Riyadh.

www.unesa.ac.id
Keberhasilan ini semakin ditandai dengan pencapaian Fita Nur Rohmah, yang berhasil menyelesaikan Seminar Proposal Tesis hanya dalam waktu dua semester. Prestasi ini menunjukkan efektivitas program S2 Pendidikan Dasar Unesa dalam memberikan akses pendidikan berkualitas bagi para tenaga pengajar, sekaligus membuktikan bahwa dengan kerja keras dan strategi yang tepat, pencapaian akademik yang signifikan dapat diraih dalam waktu yang relatif singkat.
Badrus Sholeh berharap agar keberhasilan para mahasiswa ini menjadi inspirasi bagi guru-guru lain, baik di Riyadh maupun di berbagai negara tempat sekolah Indonesia luar negeri berada. Dengan pendidikan yang terus berkembang, para guru tidak hanya berperan sebagai pendidik tetapi juga sebagai agen perubahan yang membawa inovasi dan peningkatan kualitas dalam sistem pembelajaran.
Kesuksesan ini membuktikan bahwa pendidikan tinggi bagi tenaga pendidik di luar negeri bukan sekadar mimpi, tetapi sebuah kenyataan yang dapat diwujudkan dengan semangat dan kerja keras. Program RPL S2 Pendidikan Dasar Unesa terus menjadi wadah bagi para guru untuk berkembang, memastikan bahwa kualitas pendidikan Indonesia tetap unggul, bahkan di kancah global.

www.unesa.ac.id
Keberhasilan kolektif ini diharapkan dapat memicu semangat belajar yang lebih besar di kalangan guru-guru lainnya di Sekolah Indonesia Riyadh dan seluruh Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). Ini adalah bukti nyata bahwa dengan tekad dan kerja keras, pendidikan berkualitas tinggi dapat dicapai bahkan di tengah berbagai tantangan. Prestasi ini merupakan angin segar bagi dunia pendidikan Indonesia dan menjadi cerminan komitmen para pendidik untuk terus berinovasi dan berprestasi.
Sebagai bentuk apresiasi atas dukungan penuh dalam proses akademik ini, para mahasiswa menyampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan Unesa dan jajaran dosen serta tenaga kependidikan S2 Dikdas. Keberhasilan ini tidak hanya menjadi kebanggaan pribadi tetapi juga mencerminkan efektivitas program RPL S-2 Unesa dalam menyediakan akses pendidikan berkualitas bagi tenaga pendidik di berbagai belahan dunia. []
***
Penulis dan Dokumentasi: Tim RPL Unesa
Share It On: